[EVENT] MERTI BHUMI [Indonesian Ver]

23.10

Waktu : 21 – 22 Agustus 2015
Tempat : Malangrejo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

[SEE ENGLISH VERSION HERE]

Agenda kegiatan:
Jumat, 21 Agustus 2015
19.00 – 22.00        : Pengambilan Air Suci
Pengambilan air suci diambil dari tiga sumur tertua di masing-masing dusun di padukuhan Malangrejo, yaitu di Dusun Sono, Dusun Malangrejo, dan Dusun Nglarang. Air yang dianggap suci ini digunakan untuk menyiram pohon yang akan ditanam pada saat kirab.

Sabtu, 22 Agustus 2015
08.00 – 12.00        : Kenduri
Kenduri merupakan suatu tradisi perjamuan makanan untuk memperingati suatu peristiwa yang dilakukan secara bersama-sama. Mekanisme pada kenduri ini yaitu semua orang yang hadir duduk mengelilingi makanan yang disajikan kemudian didoakan. Kemudian setelah acara selesai, makanan tersebut dibawa pulang oleh para tamu. Tujuan dari kenduri ini adalah untuk menciptakan suasana kerukunan antar warga.

13.00 – 15.00        : Kirab
Kirab atau pawai yaitu perjalanan bersama-sama atau beriring-iring secara teratur dan berurutan dr muka ke belakang dl suatu rangkaian upacara (adat, keagamaan, dsb). Kirab pada acara ini akan menampilkan arak-arakan warga yang berpakaian sesuai dengan latar belakang masing-masing dan juga gunungan dari sayuran dan buah-buahan yang pada akhir kirab akan diperebutkan oleh warga. Arak-arakan ini akan berjalan mengitari padukuhan Malangrejo. Kemudian akan disudahi dengan penanaman pohon yaitu pohon jati, damar, dan nangka.

15.30 – 17.30        : Pentas Seni I
Pada pentas seni ini, akan ditampilkan ciri khas budaya Malangrejo, yaitu tari badui dan jathilan. Tari badui merupakan jenis tarian rakyat yang menggambarkan suatu adegan peperangan atau serombongan prajurit yang sedang latihan perang. Tari ini dilakukan secara kelompok  dan berpasangan. Jathilan

19.30 – 21.30         : Pentas Seni II
Akan ditampilkan berbagai kesenian dan pentas seni anak-anak, dewasa, maupun orang tua.

22.00 – 03.00        : Kethoprak
Kethoprak merupakan drama tradisional yang dimainkan oleh sekelompok seniman yang mengambil tema-tema cerita sejarah dan diiringi dengan musik tradisional Jawa (gamelan).

Contact Person:
Phone: +62 857 2591 6584 ( Nur H. )
Official Website:  www.malangrejo.com

[SEE ENGLISH VERSION HERE]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »